Bikin Lanyard dengan Berbagai Alat dan Bahan yang Bisa Anda Pilih!

Bikin Lanyard dengan Berbagai Alat dan Bahan yang Bisa Anda Pilih!

Ada berbagai cara untuk mendapatkan tali lanyard sesuai kebutuhan dan keinginan penggunanya. Bisa membeli langsung ataupun memesan secara custom. Penggunaannya pun bisa secara kelompok maupun pribadi. Pengguna pribadi bisa memiliki lanyard dengan cara bikin lanyard sendiri.

Alat Bahan Bikin Lanyard

Membuat tali lanyard sendiri tentu memiliki berbagai kelebihan daripada membeli langsung di tokonya. Dengan membuat tali id card maka hasilnya akan sesuai dengan keinginan pengguna. Tentu saja sebelum proses pembuatan ada beberapa alat dan bahan yang akan pembuat perlukan.

1. Pemilihan Bahan Dasar

Bahan pertama yang sangat penting dari pembuatan tali lanyard adalah bahan dasarnya. Pemilihan bahan dasar akan sangat mempengaruhi hasil akhir dari tali id card. Maka dari itu dalam melakukan pemilihan bahan dasar sebaiknya benar-benar teliti dan cermat.

Selain itu, pembuat harus mempertimbangkan tentang penggunaan tali lanyard nantinya. Apabila untuk penggunaan jangka panjang maka harus memakai bahan dasar yang tahan lama. Untuk penggunaan luar ruangan sebaiknya memilih bahan yang mudah menyerap keringat.

  • Polyester Kilap

Pilihan bahan dasar pertama adalah polyester kilap. Seperti namanya, jenis bahan ini memberi kesan mengkilap dengan pembuatan dari bahan polyester dan campuran filamen. Warna dari jenis tali ini sangat terang sehingga terlihat menarik saat penggunaannya.

Jenis tali ini menjadi jenis yang paling banyak peminatnya sehingga banyak event menggunakannya. Tekstur dari permukaan tali juga kuat dan padat dengan harga sangat terjangkau dan lebih murah daripada berbagai jenis bahan dasar lanyard lainnya.

  • Tissue

Jenis tali lanyard dengan bahan dasar tissue memiliki banyak peminat karena bertekstur padat dengan permukaan halus dan rata. Selain itu bahannya pun kuat dan awet. Biasanya bahan ini digunakan untuk metode cetak sablon maupun printing.

Hasil desain dari bahan dasar tissue akan memiliki warna tajam meskipun pada detail sulit sekalipun. Selain itu desainnya juga tidak mudah luntur meskipun untuk penggunaan jangka waktu lama dan sering. Dengan segala kualitas itulah harga dari jenis bahan tissue ini sedikit lebih mahal.

2. Pemilihan Stopper

Stopper merupakan salah satu alat untuk bikin custom lanyard Jogja dengan fungsi untuk menghubungkan antar tali agar mudah terlepas dan tersambung kembali. Biasanya bahan dari stopper adalah plastik yang terdiri dari dua bagian dan bisa terpasang dengan sempurna.

Penggunaan stopper akan memudahkan untuk memanjangkan tali lanyard apabila terlalu pendek. Selain itu, pengguna dapat memanfaatkan stopper untuk mengganti id card tanpa perlu repot melepas lanyard. Ada dua jenis stopper yang bisa pengguna pilih, yaitu:

  • Stopper Pencet Tengah

Pilihan stopper yang pertama adalah jenis pencet tengah. Sesuai dengan namanya, cara menggunakan stopper ini adalah dengan memencet lingkaran pada tengah stopper ketika ingin memisahkan maupun memasang kembali id card tanpa melepas lanyard dari leher.

Stopper pencet tengah menjadi jenis yang paling banyak peminatnya. Maka dari itu tak jarang orang menyebut stopper ini dengan stopper standard. Saat proses pembuatan lanyard tak ada salahnya memilih jenis stopper ini untuk melengkapi hasil akhir dari tali lanyard.

  • Stopper Pencet Samping

Yang kedua mengenai jenis stopper pencet samping. Biasanya orang menyebut tipe ini dengan stopper tas karena banyak ditemukan pada tali tas. Cara menggunakan stopper ini adalah dengan menekan pencetan di samping stopper untuk melepaskan id card dari tali.

Setiap jenis stopper baik pencet tengah maupun pencet samping dapat melengkapi tali lanyard untuk memudahkan penggunanya mengatur ukuran maupun melepas pasang id card. Namun, tidak semua lanyard menggunakan stopper karena hanya sebagai bahan tambahan dan pelengkap saja.

3. Pemilihan Pengait Saat Bikin Lanyard

Dalam proses pembuatan lanyard, ada juga sebuah bahan bernama pengait. Pengait berfungsi untuk mengaitkan tali lanyard dengan card holder atau langsung ke id card yang menggantung pada lanyard. Pilihan pengait sangat beragam dengan berbagai model dan bentuknya.

Ada beberapa pilihan pengait yang tersedia. Beberapa di antaranya adalah standard j hook, thumb hook, oval hook, mobile phone loop, dan bulldog clip. Pembuat bebas memilih model pengait mana yang hendak mereka gunakan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

  • Standard J Hook

Tipe pengait pertama yaitu standard j hook yang sangat umum di pasaran. Bentuk dari pengait ini seperti kaitan pancingan ikan. Material pembentuk dari standard j hook adalah logam, tembaga, atau besi. Penggunaannya cukup dengan menekan sisi kaitan hingga celah terbuka.

Setelah celah terbuka maka pengguna dapat memasukkan card holder atau id card ke dalam pengait. Ketika melepas tekanan pada sisi pengait, maka pengait akan otomatis terkunci dan menjaga id card agar tidak terjatuh. Kelemahannya adalah tipis dan mudah bengkok jika sering mendapat tekanan.

  • Thumb Hook

Pengait dengan jenis thumb hook memiliki kemiripan dengan standard j hook namun berbeda pada beberapa sisinya. Thumb hook memakai logam lebih tebal dengan tonjolan khusus sebagai wadah jempol saat menekan tuas untuk membuka celah pengait dan memasukkan id card.

Thumb hook merupakan jenis pengait kuat dan sering menjadi pilihan untuk tali lanyard. Jenis pengait ini memiliki dia pilihan warna yaitu perak dan emas. Namun beberapa waktu belakangan banyak produsen memproduksi warna baru yaitu rose gold untuk memberi kesan elegan dan feminis.

Nah, itu dia beberapa penjelasan mengenai sebagian alat dan bahan untuk bikin lanyard sendiri dari Kitakasiprinting. Berbagai bahan memiliki pilihan tersendiri yang bisa pembuat pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka untuk melengkapi tali lanyard buatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
KitaKasiPrinting ada yang Bisa kami Bantu?